Wajib Tahu !! 3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor –  Saat ini kopi memang masih menjadi satu jenis minuman khas yang tak pernah kehilangan para penikmatnya. Kopi adalah minuman yang menjadi satu jenis minuman yang begitu banyak diminati oleh setiap orang di seluruh dunia.

Ada 3 jenis kopi Indonesia tembus pasar ekspor yang patut Anda ketahui sebagai penggemar kopi.

3 jenis kopi Indonesia yang mampu menembus pasar ekspor tersebut adalah jenis kopi arabika. Bahkan ketiga jenis kopi asal Indonesia sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia dan mendapatkan pujian dari publik maupun para pelaku industri kopi di luar negeri sekalipun.

Ketiga kopi Indonesia tembus pasar ekspor tersebut adalah arabika java preanger, arabika mandailing serta kopi gayo Aceh. Ketiga jenis kopi tersebut dapat memiliki banyak penggemar di luar negeri. Sehingga tak hanya dinikmati oleh masyarakat lokal saja. Ketiganya memiliki pasar kopi dunia.3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Bahkan pada tahun 2014 lalu, berdasarkan data dari International Coffe Organization (ICO), Indonesia menjadi produsen kopi terbesar dunia diurutan keempat. Memiliki angka produksi kopi hingga 622 ribu metric ton dalam setahun.

Kopi Indonesia tembus pasar ekspor tentu dikarenakan adanya kualitas kopi dan citarasa yang baik sehingga membuat kopi itu banyak diminati di mancanegara.

3 Jenis Kopi Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Tidak hanya 3 jenis kopi Indonesia seperti mandailing, java preanger, atau kopi gayo Aceh saja. Masih banyak kopi arabika asal Indonesia yang mampu menembus pasar ekspor. Namun 3 jenis kopi tersebut yang memang memiliki angka ekspor tinggi. Bahkan pada tahun 2015 lalu nilai ekspor kopi yang dilakukan Indonesia ke Korea Selatan hingga 10,81 juta dolar Amerika.

Advertisement

Angka tersebut mengalami peningkatan hingga 44,65 persen dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang hanya mencapai nilai sebesar 7,47 juta dolar Amerika.

Sedangkan jenis kopi arabika java preanger sendiri telah mampu menembus pasar ekspor eropa. Ekspor kopi Indonesia ke dunia bahkan mencapai angka 1,19 milyar dolar Amerika.

Bahkan dari angka tersebut, kopi Indonesia tembus pasar ekspor ke berbagai negara salah satunya di Korea Selatan. Di mana Korea Selatan menempati posisi ke-22 tujuan ekspor kopi Indonesia dengan pangsa pasar hingga 0,09% dan mencapai nilai 10,81 juta dolar Amerika.

Bahkan di tahun 2016 hingga 2019 nanti, Indonesia telah sepakati kontrak ekspor kopi arabika mandailing dengan perusahaan di Korea Selatan. Kerjasama dagang antara perusahaan Sun Woo dengan PT Santama Arta Nami dari Medan tersebut berupa pembelian kopi arabika mandailing dengan nilai 1 juta dolar Amerika.

3 jenis kopi Indonesia tembus pasar ekspor tentunya menjadi satu hal yang membanggakan. Ekspor kopi Indonesia ini memang tidak dapat diremehkan. Mengingat kualitas kopi Indonesia memang menjadi buruan para masyarakat dunia yang menggemari kopi.

Salah satunya Norwegia yang menjadi pasar potensial untuk pemasaran kopi Indonesia. Karena Norwegia menjadi negara yang memiliki angka peminum kopi terbanyak per kapita nomor dua di dunia.

sumber : http://budidayakopi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s