Sejarah dan Bahasa Nama Latin Kopi-Kopi sudah melekat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, untuk menemukannya juga tidak sulit. Saat ini bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko, cafe, pasar dll, tapi pernahkah anda bertanya sebenarnya bagaimana sejarah dan bahasa nama latin kopi?.

Sejarah penemuan biji kopi tersebut di temukan sekitar 3000 tahun yang lalu, atau 1000 tahun Sebelum Masehi. Kopi ini ditemukan oleh Orang dari Bangsa Etiopia di benua Afrika.

Namun sejarah dan bahasa nama latin kopi tersebut ada perdebatan, beberapa mengatakan pada 800 Sebelum Masehi, lainnya mengatakan sekitar 850 Masehi. Kopi sendiri di temukan secara tidak sengaja oleh Khalid penggembala dari Abyssinia.

Dari penemuan tersebut, kemudian penduduk Benua Afrika dan bangsa Etiopia, memanfaatkan biji kopi yang dikonsumsi dengan mencampurkan anggur dan lemak hewan, guna untuk protein serta sumber energi.

Sejarah dan Bahasa Nama Latin Kopi di dunia

Sedangkan sejarah dan bahasa kopi berasal dari bahasa arab yakni qahwah, yang berarti kekuatan. Kemudian sejarah dan bahasa qahwah tersebut diganti menjadi bahasa turki yakni kahveh, dan akhirnya mejadi koffie.

Perkembangan kopi di abad ke-13, Bangsa Arab yang telah mengadopsi peradaban maju ketimbang Afrika. Bukan hanya memanfaatkan biji kopi yang dikonsumsi dengan pemasakan, tetapi mereka juga mengambil sari kopi dengan merebusnya terlebih dahulu.

Saat itu, orang Muslim banyak meminum kopi untuk tetap terjaga dalam menjalankan ibadah. Pengenalan kopi pun pada akhirnya terus popular karena menyebarnya agama Islam yang mencapai Afrika Utara, Mediterania, Negara India.

Pada masa tersebut, di luar Arab belum di lakukan penanaman kopi dengan pembudidayaan. Hal ini dikarenakan pengeksporan biji kopi oleh bangsa Arab, mereka sering mengekspor biji kopi yang telah dimasak dan dikeringkan (coffee bean) terlebih dahulu.

Oleh karena itu penanaman kopi sulit untuk dapat dilakukan di luar arab. Tapi  ketika 1600 masehi, Baba Budan seorang peziarah dari negara India mampu membudidayakan kopi subur (fertil ) keluar dari kota Mekah.

Kemudian ia berhasil menumbuhkan tanaman kopi di luar daerah Arab. Sejarah dan bahasa kopi di Benua Eropa pertama kali masuk di kota Venesia, yang juga merupakan menjadi kota di eropa yang dipusatkan, sebagai perdagangan komoditas kopi.

Secara resmi pada tahun 1615, seorang saudagar dari kota Venesia membawa masuk kopi dalam bentuk biji ke Eropa.

Dan kemudian pada tahun 1616 Bangsa Belanda merupakan negara yang pertama kali berhasil membudidayakan tanaman kopi di Eropa. Dan sekitar 1690-an, kopi dalam bentuk biji masuk ke Indonesia, dengan singgah di Pulau Jawa untuk dibudidayakan.

Demikian sejarah dan bahasa nama latin kopi, kopi yang dengan mudah bisa kita dapatkan tersebut rupan nya memiliki sejarah yang panjang dalam penyebarannya.

sumber :  budidayakopi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s