Inilah 4 Ciri Kopi Luwak Asli Dengan Kualitas Premium – Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi yang dihasilkan oleh binatang luwak melalui sistem pencernaan yang sebelumnya sudah memakan biji kopi. Memang terlihat menjijikkan, namun dibalik hal tersebut kopi luwak merupakan jenis kopi yang sangat disukai pasar karena memiliki cita rasa dan kualitas tinggi.Ciri Biji Kopi Luwak Asli Kualitas Super

Kenapa kopi luak memiliki kualitas yang tinggi? Hal ini karena luwak atau musang hanya mau mengkonsumsi biji kopi yang berkualitas dan meninggalkan biji kopi yang kurang bagus.

Luwak akan memilih biji kopi yang benar-benar matang dan mengelupas kulitnya lalu memakan sari beserta biji kopi sekaligus. Dengan melalui fermentasi ini, ternyata kopi luwak jauh lebih nikmat dibandingkan dengan kopi biasa pada umumnya.

Harga kopi luwak memang mahal, hal ini membuat banyak orang memanfaatkan hal tersebut dengan menjual kopi biasa yang mengatas namakan kopi luwak.

Banyak orang tertipu akan hal ini karena tidak mengetahui ciri biji kopi luwak asli dengan benar dan akhirnya menganggap kopi luwak memiliki kualitas yang sama seperti pada umumnya.

Ciri Biji Kopi Luwak Asli Kualitas Super

Sebenarnya ciri biji kopi luwak asli kualitas super sangat mudah untuk dibedakan, asalkan masih berbentuk biji, namun jika sudah berwujud kopi hal ini akan sulit untuk dilakukan, karena proses pembuatan minuman kopi sangat mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan.

Bagi anda yang ingin membeli kopi luak, berikut kami hadirkan ciri biji kopi luak asli kualitas super agar nantinya anda tidak salah dalam membeli:

  • Warna alami kopi luwak

Ciri biji kopi luwak asli bisa anda lihat dari warna yang coklat namun agak kekuningan karena sudah melalui fermentasi dari sistem pencernaan luwak. Selain itu, biji kopi luwak asli umumnya memiliki warna yang seragam.

  • Teksture Biji kopi luwak

Selanjutnya bisa anda lihat dari teksture biji tersebut dimana ciri biji kopi luwak asli akan ada kulit ari yang masih menempel, sedangkan kopi biasa akan terlihat lebih bersih.

Namun ari ini juga sangat mudah untuk dibersihkan. Karena luwak hanya memakan kopi yang berkualitas saja, bentuk yang ada juga rata-rata seragam yaitu seperti oval.

  • Bau Kopi Luwak asli

Dilihat dari bau, Ciri biji kopi luwak asli memiliki aroma yang lebih harus meski belum dilakukan pengolahan. Apalagi jika dimakan oleh luwak pandan maka wangi tersebut akan semakin kuat.

  • Celupkan ke dalam air

Seperti yang kami katakan biji kopi luwak sudah pasti memiliki kualitas bagus, maka dari itu biji kopi luwak jika dimasukan ke dalam air akan tenggelam. Jika biji kopi yang anda beli bisa tenggelam dalam air, kemungkinan besar memang kopi luwak asli.

Sangat mudah bukan untuk mengetahui biji kopi luwak asli? Anda bisa menggunakan ciri biji kopi luwak asli kualitas super yang kami bahas ini sebagai panduan dalam membeli kopi luwak agar tidak ditipu oleh penjual.

sumber :budidayakopi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s