Hama Dan Penyakit Pada Tanaman KopiHama dan penyakit pada tanaman kopi – Kopi sangat rentan terhadap segala jenis hama serta penyakit.Apalagi jika kita kurang dalam melakukan perawatan dan ilmu pengendalian yang kita miliki terbatas,jadinya tanaman kopi akan rusak yang tentunya mampu menurunkan produktifitas dari pada kopi tersebut..

Selain Hama dan penyakit yang mampu membunuh tanaman kopi,masih banyak penyakit lain yang bisa juga di sebabkan oleh virus dan bakteri pada buah,daun batang serta perakaran tanaman kopi..

Jenis hama yang paling di bendi oleh para petani adalah hama yang kerap menyerang kopi,yang bisa menyebabkan kebusukan,bunga rontok dan buah muda yang gugur.jika hal ini tidak segera kita tangani dengan cepat,maka sudah bisa di pastikan,Jika hasil panen yang akan kita dapat juga menurun secara drastis..

Berikut ini beberapa jenis penyakit serta hama yang kera menyerang pada tanaman kopi serta cara mengatasi secara cepat,akurat tepat..salah satunya adalah.

Hama Bubuk Buah Pada Tanaman Kopi.

Jenis hama ini biasanya di sebabkan oleh adalah sebuah kumbang kecil yang hanya kusus menyerang buah kopi baik yang masih muda maupun buah kopi yang sudah tua.cara untuk mengatasi hal ini juga menimpa tanaman kopi anda di rumah dengan cara mengumpulkan buah atau memotong batang buah yang banyak terserang untuk segara kita musnahkan..

Selain itu,untuk membasmi jenis penyakit bubuk buah ini,para petani bisa menggunakan jenis pestisida berupa dimecron 50 cw.tamaron,argothion dosis serta cara pemakaian akan lebih bagus di baca dalam isi wadah kemasan.Biasanya setelah di lakukan penyemprotan menggunakan pestisida tersebut,hama bubuk buah yang di sebabkan oleh kumbang akan mati dan tidak mau kembali lagi..

Hama Bubuk Cabang batang Kopi.

Jenis hama penyakit ini kusus menyerang bagian batang tanaman kopi.biasanya akan menyerang pada bagian ranting kecil yang baru memiliki diameter 3 cm serta bagian pucuk tanaman kopi muda.

Jika ham ini sudah menyerang,maka tanda serta akibat yang akan menimpa kopi,daun menjadi rontok,daun kuning,batang kering kusus ada pucuk.Untuk mengatasi hal ini,anda di rumah bisa melakukan dengan cara di atas.yaitu dengan menyemprotkan larutan pestisida secara rutin sampai hama benar-benar hilang total.Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kopi

Penyakit kerat Daun tanaman Kopi.

Selain hama penyakit biasanya di sebabkan oleh adanya cendawan yang bisa kita lihat dengan adanya bercak merah serta bintik-bintik pada bagian daun kopi tersebut..Selain itu,ciri lain yang bisa kita lihat adanya daun yang menguning di bagian bawah permukaan daun,bercak kuning dan daun gugur..

Sebenarnya tanda jika penyakit ini sudah menyerang tanaman kopi sangat banyak,di antara ciri lain,bagian cabang muda kopi kering,kusus pada bagian buah kopi berubah menjadi hitam,kering serta kopi terlihat lebih pucat dengan demikian tentunya akan menurunkan nilai jual yang bisa menurun drastis..

Cara mengatasi penyakit kerat daun pada tanaman kopi anda di rumah bisa menggunakan pestisida dengan merek Fungisidaditane dengan dosis pemakaian 2 gram untuk dua liter air atau bisa juga membaca petunjuk pemakaian dalam wadahnya..

Hama Kutu Dompolan putih dan hijau.

Hama ini juga akan membuat tanaman kopi menjadi kurang berkualitas ciri yang bisa kita lihat dengan ciri menyerang bagian buah yang seperti terlilit bubuk putih.biasanya hama ini akan muncul akibat pohon naungan yang terlalu gelap.

Potong sebagian ranting pohon di sekitar tanaman kopi supaya udara dan sinar matahari lebih bisa masih menyinari kopi.Cara lain untuk mengatasi menggunakan jenis hama ini adalah dengan menggunakan pestisida dengan merek Poxindo 50 wp silahkan di baca petunjuk cara pemakaiannya..

Kusus untuk hamanya jenis Kutu hijauan,cara mengatasi dengan memberikan sebuah pupuk yang lebih teratur,seimbang atau bisa juga menggunakan bahan kimia berupa Tepung sevidol dengan cara menyemprotkan..semoga suskses

sumber :budidayakopi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s