coffee-66850_960_720

Bandar Lampung – Kesejahteraan petani kopi dan hasil produksi menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Bila ingin adanya peningkatan produksi kopi secara kuantitas dan kualitas, maka petani harus disejahterakan.

“Kami sangat sadar, kalau mau berjaya lagi ke depan, maka petani juga terus berjaya, supaya proses itu berjalan,” kata Wisman Djaja, Suistanability Agriculture Development and Procurement Director PT Nestlé Indonesia dalam Acara Apresiasi 150 Tahun Nestle di Panjang, Bandar Lampung, Sabtu (3/12/2016).

Program ini merupakan strategi bisnis dengan mengusung konsep Creating Shared Value (CSV) atau menciptakan manfaat bersama. Jadi baik petani maupun perusahaan sama-sama mendapatkan keuntungan.

Wisman menuturkan, dalam pelaksanaannya, konsep tersebut tidak murni dijalankan oleh perusahaan. Namun juga turut melibatkan pemangku kepentingan lainnya, seperti perbankan. Sehingga aplikasinya bisa berjalan komperhensif.

“Kami tidak bekerja sendiri, tapi juga bermitra dengan pihak-pihak lain,” ujarnya.

Ada beberapa persoalan utama yang sekaligus terselesaikan. Di antaranya adalah terkait dengan peremajaan kebun rakyat dan kemampuan petani untuk melakukan budidaya.

“Sudah hampir 40 tahun, perlu ada peremajaan kebun rakyat. Kemampuan petani dalam budi daya supaya dapat produksi tinggi dan memperhatikan lingkungan,” terang Wisman.

Selanjutnya adalah akses ke pasar. Langkah yang ditempuh adalah dengan membuka akses serta memotong rantai perdagangan. “Jadi mata rantai perdagangan sampai ke Nestle, sehingga ada transparansi dalam harga sehingga petani bisa dapat margin lebih baik,” imbuhnya.

Petani juga perlu untuk mendapatkan akses jasa keuangan yang lebih baik, yaitu dari perbankan. Tujuannya agar bertambahnya modal untuk meningkatkan produksi kopi.

“Petani kalau mau buat investasi tingkatkan produksi, tapi kemampuan keuangan terbatas. Jadi kita ciptakan akses ke perbankan. Kita siapkan skema agar punya akses ke perbankan,” pungkasnya.

sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3361949/strategi-nestle-tingkatkan-produksi-kopi-lewat-kesejahteraan-petani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s