Prosesnya mudah dan sederhana.

Bagaimana cara menyeduh kopi tubruk yang benar? Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan kepada saya. Hmm, saya tidak tahu bagaimana kopi tubruk yang benar-benar sempurna. Tapi saya punya cara sendiri saat menyeduh kopi dengan cara tubruk.

kopi_tubruk_hitam_putih

Benar adanya bahwa proses penyeduhan juga akan mempengaruhi cita rasa kopi, selain perlunya memperhatikan asal usul biji kopi, bagaimana proses pemetikannya, proses pasca pemetikan dan sangrai (roasting). Sebenarnya, jika langkah-langkah itu sudah dilakukan dengan benar, tahap penyeduhan kopi tinggal menyempurnakan karakter rasa.

Banyak cara menyeduh kopi, yang paling popular barangkali ialah tubruk. Prosesnya mudah dan sederhana. Tinggal seduh air mendidih sekitar 90 derajat celcius sebanyak 100 cc untuk takaran kopi 15 – 17 gram. Saya sendiri cukup sering menyeduh kopi dengan cara tubruk di rumah. Lebih sering saya menggunakan feeling untuk proses ini. Ukuran baku, menurut saya, tidak menjadi harga mati.

menikmati-16-jenis-kopi-dari-10-daerah-di-sumatra5Biasanya saya mendiamkan terlebih dahulu air yang mendidih selama kurang lebih 2 menit sebelum menuangnya ke dalam cangkir. Air mendidih tidak langsung saya tuang dalam waktu bersamaan. Pertama saya menuang sedikit untuk membasahi semua bubuk kopi. Setelah beberapa detik, saya tuang lagi perlahan-lahan hingga memenuhi cangkir. Saya lebih suka minum kopi di cangkir yang kecil.

Proses ekstraksi ini bagian yang saya suka. Di situlah saat aroma menyerbak. Itulah mengapa setelah kopi dituang dengan air mendidih, sebaiknya tidak diaduk dengan sendok, tapi dibiarkan hingga bubuknya mengendap.

Setelah mengendap sekitar 2 menit, di situlah saat menentukan pilihan, apakah mencampurnya dengan gula atau tidak. Perlu dicatat, langkah menyeduh kopi tubruk ini adalah yang biaa saya lakukan. Tentu, bisa juga dicoba siapa saja.

sumber : log.viva.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s