Berlanjut ke meja masing-masing pengunjung, akan terlihat beragam aktivitas yang dilakukan. Membaca koran/majalah, percakapan soal bisnis, kehidupan rumah tangga ataupun obrolan santai, sosok muda dan kasual yang berinternet ria dengan fasilitas wi-fi yang ada hingga kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai 4 orang. Dilengkapi nuansa hangat bias matahari pagi serta sorot lampu dan lantunan musik, dekorasi ruangan yang menarik dan tempat duduk yang nyaman. Sebuah suasana yang hampir selalu menjadi bagian rutin dari coffee shop ini yang tak hanya diramaikan oleh peminum kopi namun juga penikmat minuman non-kopi seperti coklat dan teh, but “Coffee is The King here”.
eatandtreats9

Itulah sekilas gambaran singkat mengenai coffee shop yang berlokasi (salah satunya) di pusat Kota Jakarta, tepatnya di blok AA07 area perkantoran Thamrin City (Office Park) di jalan kebun kacang raya. Coffee shop yang terkenal dengan kualitas kopinya yang baik, suasana tempat yang nyaman serta pelayanan ramah dari barista-nya dengan latar warna hitam dan merah yang menjadi ciri khas.

Tanamera Coffee membentuk dirinya menjadi salah satu must-visit  coffee shop in town dengan kualitas kopi yang dimiliki karena hanya menyajikan kopi-kopi (Arabika) dari Indonesia saja, artinya kita tidak akan menjumpai kopi-kopi dari luar Indonesia seperti kopi dari Afrika atau Amerika Latin. Ini bukan berarti Tanamera Coffee mengeksklusifkan diri, namun ‘kekhususan’ ini berangkat dari visi dan misi yang dipegang untuk lebih mempopulerkan dan mengapresiasi kopi-kopi dari Indonesia. Tanamera Coffee percaya bahwa kopi lokal harus dan mampu berjaya bukan hanya di tanahnya sendiri, Indonesia, tetapi juga di level dunia. Kepercayaan ini jugalah yang mendasari Tanamera Coffee untuk teliti memperhatikan kualitas kopi yang disajikan mulai dari proses hulu, di kebun (contoh: proses paska panen), sortasi dan grading hingga proses di hilir, penyangraian biji kopi (roasting process) dan coffee brewing-nya.

Pengetahuan tentang kopi dan produk serta attitude yang dimiliki barista-barista dari Tanamera Coffee tentunya menjadi keunggulan juga keunikan tersendiri yang secara tidak langsung, dari segi keramahan barista misalnya, akan membuat customer yang datang berkunjung merasa lebih nyaman. Sebagai contoh saat pertama kali penulis mengunjungi Tanamera Coffee, saat itu sore hari menjelang matahari terbenam, sesaat setelah memasuki pintu, sambutan “Selamat pagi!” mengawali langkah penulis kala itu. Sapaan yang membuat tanya juga secara tidak langsung kan mengawali obrolan selanjutnya soal “Kok, pagi sih mas, bukannya udah sore ya?” dan lalu dengan santai si barista menjawab “Biar tetap semangat, di sini bakalan pagi melulu mas, hehe…”

Ada usaha nyata yang dibuat barista Tanamera Coffee untuk segera mengakrabkan diri dengan customer sekaligus mungkin juga menjadi salah satu cara untuk mencairkan suasana. Hal-hal kecil seperti ini akan membentuk kesan di ingatan lebih lama dan membangun image Tanamera Coffee melalui baristanya.

Lalu menyinggung soal menu yang ditawarkan di Tanamera Coffee, khususnya untuk coffee beverages, kita akan menjumpai dua varian yaitu Black dan White. Black merupakan varian menu kopi hitam tanpa campuran seperti espresso, americano dan daily brew. Sedangkan White merupakan varian menu kopi yang dipadukan dengan susu untuk mendapatkan cita rasa yang lembut seperti cappucino dan cafe latte.

Sebagai salah satu penggemar kopi, penulis tentunya memilih varian menu daily brew. Daily brew adalah istilah yang digunakan di Tanamera Coffee untuk minuman kopi yang diseduh secara manual (manual brew) menggunakan beberapa metode seperti immerse, boils dan pour-over/drip. Tanamera Coffee memilih untuk menggunakan satu metode manual brew saja yaitu pour-over dengan alat V60. Secara fungsionalitas, V60 akan membentuk karakteristik rasa kopi yang lebih ringan, kompleks dan clean karena menggunakan filter kertas untuk menyaring bubuk kopi.

31-1024x576

Jika kalian penasaran kenapa hanya V60, jawabannya karena V60 menjadi salah satu alat yang paling sesuai dengan karakter biji kopi Tanamera Coffee dan tentunya kesesuaian tersebut akan menciptakan kualitas aroma dan rasa kopi yang baik. Benar saja, kopi yang penulis pilih adalah Rasuna Natural yang berasal dari perbatasan daerah Sumatera Utara, tepatnya Sidikalang dan memiliki tasting notes yang fruity dan sensasi manis serupa buah-buahan tropis. Sungguh menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dapat meneguk kopi dari Tanamera Coffee secara langsung di tempatnya.

Satu hal yang dapat kita pelajari bahwa kualitas yang ada dan dimiliki tidak dibentuk dari langkah-langkah pendek nan lemah, tetapi dari langkah-langkah tegar yang mampu menopang tubuh agar mampu beranjak jauh demi menjadi lebih baik lagi, dan itulah yang dicapai oleh Tanamera Coffee.

Inilah pemandangan yang akan kita lihat dari balik pintu jika berkunjung di pagi hari awal pekan saat jam masih menunjukkan pukul 7.30 WIB: pekerja kantor, wirausaha ataupun ibu rumah tangga yang sejenak mampir sesaat setelah mengantarkan anaknya ke sekolah, mahasiswa (yang mungkin merasa masih terlalu pagi untuk berangkat ngampus), pengusaha, hingga pekerja lepas yang memesan kopi di depan kasir dengan saling sapa juga ramah lalu duduk sesudah memesan hidangan.Tanamera CoffeeBahkan tidak hanya itu, jika kalian mengira Tanamera Coffee hanya peduliterhadap kualitas kopi, persepsi seperti itu bisa saja sebuah kekeliruan karena, selain kopi Tanamera Coffee juga concern terhadap produk non-kopi, makanan hingga pelayanannya seperti kebersihan tempat juga pengetahuandan layanan dari barista-baristanya agar kualitas yang ada mampu merata di setiap aspek dari Tanamera Coffee.

sumber : tanameracoffee.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s