Berbicara tentang minuman favorit tentu saja minuman berbahan dasar kopi menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak di gemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak tentu saja minuman kopi sering kali memberikan inspirasi kepada kehidupan kita sehari-hari. Seiring dengan gaya hidup minum kopi yang telah menyebar hampir di seluruh dunia terdapat beberapa jenis minuman kopi yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia.
image from Shutterstock.com
 Semua hal ini juga didukung oleh fakta mengejutkan bahwa terdapat banyak sekali varian dari minuman kopi, meski demikian data yang dirangkum olehShutterstock.com terdapat 8 minuman kopi yang paling banyak dinikmati penggemar kopi di dunia dan berikut ini adalah beberapa jenis minuman berbahan dasar kopi yang menguasai dunia.
1. Cappuccino

Minuman yang berbahan dasar dari espresso shot yang di campurkan dengan susu panas beserta foam yang dihasilkan dari proses steaming milk ini merupakan minuman kopi yang paling banyak digemari oleh banyak orang dengan persentase 37% dari total penikmat kopi di dunia. Meski terlihat sangat mirip dengan café latte, rasa yang dihasilkan tentu saja berbeda karena pada cappuccino Anda akan lebih merasakan kuatnya rasa kopi jika dibandingkan dengan café latte. Semua itu disebabkan pada cappuccino memiliki lebih banyak foam milk yang akan membuat rasa dari kopi akan lebih kuat jika dibandingkan dengan café latte. Selain itu juga dengan semakin berkembangnya dunia kopi, jenis minuman cappuccino ini dapat disajikan dengan tampilan yang lebih menarik  yang bernama cappuccino 3D art dan merupakan berkat dari kreatifitas para peracik kopi yang biasa kita sebut dengan Barista.


2. Café Latte

Siapa yang tidak bisa tergoda oleh nikmatnya rasa dari kombinasi susu hangat dengan espresso shot yang bisa menemani Anda setiap waktunya. Minuman yang memiliki peringkat nomor 2 dengan persentase sebesar 24% memang selalu menjadi primadona setiap orang. Salah satu faktor yang membuat café latte menjadi favorit adalah berkat dari penyajian mereka yang sering kali dikombinasikan dengan seni menggambar di atas secangkir kopi yang juga disebut sebagai latte art. Tidak hanya sampai di situ bagi Anda yang tidak terlalu gemar dengan rasa pahit kopi bisa dengan mudah jatuh cinta hanya dengan menambahkan perasa syrup favorit seperti vanilla atau caramel.

3. Blended Espresso

Siapa yang bilang minuman kopi hanya nikmat jika hangat karena terkadang justru minuman kopi akan lebih enak jika dinikmati dalam kondisi dingin. Terbukti bahwa 16% dari penikmat kopi didunia lebih gemar meminum kopi espresso yang disajikan dingin dan di blender. Tidak hanya itu jenis minuman Blended Espresso ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam syrup rasa atau juga ice cream yang akan membuat sebuah mahakarya dari rasa di tenggorokan kamu.


4. Espresso
Espresso merupakan sejarah panjang dari hadirnya berbagai macam jenis minuman kopi yang ada pada saat ini. Diambil dari kata Express yang berarti“Cepat” membuat teknik ekstraksi biji kopi dengan tekanan air ini bisa dihasilkan dalam waktu yang cepat. Terlebih lagi dengan ciri khas dari rasa espresso yang kuat bisa langsung memberikan kita energy untuk memulai hari dengan penuh semangat. Sekitar 10% dari total penikmat kopi di dunia menjadi pecinta akan espresso yang merupakan pondasi utama dari banyaknya jenis minuman kopi yang ada sampai detik ini.


5. Café Mocha

Jika Anda bosan dengan minuman kopi yang hanya dicampur oleh susu café mocha bisa menjadi solusi dari rasa haus Anda. Karena minuman berbahan dasar kopi, susu yang kemudian dicampurkan dengan chocolate ini sangat pantas menjadi favorit banyak orang. Terbukti perpaduan rasa kopi dan chocolate ini menjadi favorit dari 5% populasi penikmat kopi di dunia. Selain itu minuman ini juga hadir dengan berbagai macam kombinasi menarik jika ditambahkan dengan berbagai macam bahan lainnya seperti whipping cream.
6.  Americano
Meski espresso lebih banyak menjadi pilihan para penikmat kopi bukan berarti cara meminum espresso yang ditambahkan dengan air panas menjadi tidak menarik. Karena bagi Anda yang tidak terlalu percaya diri untuk dapat meminum espresso yang begitu kuat bisa mencoba mencampurkan espresso dengan air panas dan sesaat kemudian hadirlah satu cangking Americano yang siap untuk dinikmati. Sebenarnya minuman tersebut adalah Black Coffee, namun karena sejarah awal mula gaya meminum coffee ini banyak digemari oleh para penikmat kopi di negara Amerika maka sebutan Americano telah melekat dengan teknik penyajian kopi yang sangat mudah untuk dapat dinikmati setiap waktu ini.
 
7. Macchiato
Sebuah jenis minuman kopi yang memiliki cara pembuatan yang unik tentu dapat menarik minat dari banyak orang terlebih lagi rasa yang dapat dihasilkan juga tidak kalah baik jika dibandingkan dengan minuman yang lainnya. Macchiato dibuat dengan cara yang berbeda di mana Susu dihadirkan lebih dahulu bersamaan degan sedikit foam milk di atasnya dalam sebuah cangkir kopi. Kemudian barulah diberikan espresso shot pada bagian akhir yang akan membentuk layer cantik di mana espresso shot akan perlahan jatuh dari atas cangkir kopi dan sebanyak 4% sangat mencintai jenis minuman yang akan lebih nikmat ditambah dengan syrup ini.
 
8.  Mochaccino
Jatuh pada peringkat akhir bukan berarti minuman yang satu ini tidak menarik banyak minat dari pada penikmat dunia. Meski sedikit mirip dengan café mocha perpaduan antara chocolate dan espresso shot yang seimbang membuat minuman ini memiliki tekstur rasa yang amat menarik. Sangat wajar jika minuman ini selalu memiliki penggemar yang setia untuk menikmatinya.
sumber : ilmubarista.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s