coffee-one

“Industri pengolahan kopi masuk dalam sektor prioritas untuk industri nasional tahun 2015-2035”

 

KLIKPOSITIF – Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto menyebutkan Indonesia bias menjadi eksportir nomor satu untuk roasted bean, atau biji kopi sangrai.

Dia mengatakan dengan penguasaan teknologi roasting peningkatan mutu kopi olahan terutama roasted bean bisa ditingkatkan. Selain itu peningkatan kapasitas sumber daya manusia seperti barista, roaster, dan penguji cita rasa (cupper) juga akan mendorong hal ini.

“Industri pengolahan kopi masuk dalam sektor prioritas untuk industri nasional tahun 2015-2035,” ujarnya lewat keterangan tertulis Senin, 3 Oktober 2016.

Panggah mengatakan pemerintah terus menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi industri pengolahan kopi melalui kebijakan fiskal dan non-fiskal serta penerapan standar. Tidak hanya sebgai minuman, kopi bisa juga dikembangkan dalam berbagai jenis produk lainnya seperti kosmetik, farmasi, dan essen makanan.

Data Kemenperin perdagangan produk kopi olahan masih mengalami surplus sebesar 250,40 juta dollar. Dengan pemasukan devisa negara dari ekspor produk kopi olahan mencapai 356,79 juta dollar AS pada 2015 atau meningkat 8 persen dibanding tahun sebelumnya. Jumlah ini didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan ekspor utama di ASEAN, RRT, dan Uni Emirat Arab.

Sedangkan, nilai impor produk kopi olahan mencapai 106,39 juta dollar AS pada 2015 atau naik sekitar 4 persen dibanding tahun sebelumnya, dengan negara pengimpor Malaysia, Brazil, India, Vietnam, Italia dan Amerika Serikat.

sumber : bisnis.klikpositif.com

Baca juga : tips-meracik-kopi-dari-sang-ahli

 

Rahasia kopi murni.png

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s