7 JENIS KOPI INDONESIA YANG MENDUNIA
Kopi Indonesia
Kopi merupakan  yang paling banyak diminum nomor 2 sedunia selain air putih, Indonesia merupakan Negara terbesar ketiga penghasil kopi terbesar di dunia dan merupakan pengeskopor kopi robusta terbesar di dunia, berikut adalah jenis-jenis kopi khas Nusantara yang yang sudah dikenal oleh dunia internasional:
1. Kopi Bali 
kopi dengan aroma premium dengan rasa mirip lemon
(Contoh Kopi Bali )

kopi Bali Kintami Arabika merupakan kopi khas Bali yang ditanam di kebun kopi kintami lereng gunung Bantur Bali, Kopi ini memiliki aroma khas premium,  dengan kekentalan yang medium, serta rasa mirip lemon.

2. Kopi Blawan

kopi Blawan perkebunan kopi Bondowoso
(Contoh Kopi Blawan)

Kopi Blawan ini merupakan kopi khas Bondowoso, kopi Blawan ini termasuk kopi jawa atau java coffe, kopi ini memiliki biji yang berbeda dengan kopi sumatera dan sulawesi, kopi ini mengeluakan aroma rempah-rempah yang tipis, sekarang kopi Blawan di Bondowoso di kelolah oleh PT. Perkebunan Nusantara IX.

3. Kopi Luwak

Kopi yang dimakan hewan luwak
(Kopi Luwak)

Kopi Luwak adalah buah kopi yang matang diatas pohon yang dimakan oleh luwak (sejenis musang), kemudian dikeluarkan sebagai kotoran, karena biji kopi yang keras tidak bisa mengalami fermentasi dalam perut luwak, maka dikeluarkan lagi biji kopi bersama dengan kotoran luwak, kopi luwak sangat terkenal, kopi luwak ini merupakan kopi yang termahal di dunia, hinggah kopi jenis ini masuk dalam catatan Guiness  Book Of Recoards. (Baca Juga: Baca Juga: 6 cara meningkatkan semangat kerja di pagi hari)

4. Kopi Flores

(salah satu contoh kopi Flores)

kopi Flores merupakan kopi dengan jenis arabika kopi, kopi Flores merupakan jenis kopi yang berasal dari Indonesia Timur, kopi ini memilki keunggulan citra saya yang kuat dan harum, inilah keunggulan kopi Flores jika dibandingkan dengan kopi jawa dan sumatera.

5. Kopi Toraja

(Salah Satu Jenis Kopi Toraja)

Kopi Toraja berasal dari daerah Toraja, kopi Toraja termasuk jenis kopi Arabika (Arabika asli Toraja) , kopi Toraja memilki cita rasa yang sedap dan aroma herbal, kopi Toraja akan sangat nikmat bila secangkir kopi Toraja diminum dengan ditambahin sehelai daun mint.

6. Kopi Gayo

kopi dari daerah gayo aceh
(salah satu kemasan kopi gayo)


Kopi Gayo berasal dari perkebunan kopi di Gayo Aceh Tengah, perkebunan kopi seluas 81.000 Ha merupakan perkebunan yang terluas di Indonesia bahkan di Asian. Ciri khas dari kopi Gayo adalah memiliki citra rasa yang harum, jika pada umumnya kopi masih memiliki rasa pahit di lidah ketika meminumnya, tidak demikian dengan kopi gayo yang hampir tidak memilki rasa pahit di lidah ketika kita meminumnya.

7. Kopi Papandaya

kopi dari pegunungan papandaya garut
(salah satu contoh kopi papandaya)

Kopi Papandaya merupakan kopi yang terdapat pada gunung papandaya garut, kopi ini termasuk kopi arabika kopi yang memiliki citra rasa harum dan nikmat.

sumber : life.viva.co.id
Baca juga :

banner-promo-_klik-disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s