Banyak orang tidak memahami cara mengatasi penyakit secara alami. Kebanyakan sakit langsung pergi ke dokter. Padahal ada cara-cara alami dan tidak punya efek samping. Salah satu nya ketika sembelit cara alaminya dengan Kopi. simak jawabanya di bawah ini.

coffee-514845_960_720

Cara mengatasi susah buang air besar atau sembelit – susah buang air besar atau sembelit atau menurut bahasa dokter dibilang konstipasi adalah keadaan dimana kita mengalami kesulitan saat buang air besar. Orang yang mengalami sembelit bisa menghabiskan waktu yang cukup lama di WC tanpa ada yang terbuang dan masih merasa tidak enak diperut dan perut menjadi agak buncit. Sembelit sangat mengganggu kenyamanan penderitanya.

Sembelit disebabkan oleh beberapa hal beberapa diantaranya yaitu:

  • Kurang mengkonsumsi serat
  • Kurang minum, Kurangnya cairan membuat feses menjadi keras
  • Faktor usia, Orang tua lebih sering mengalami sembelit karena kemampuan sistem pencernaan yang menurun
  • Kurang aktifitas fisik, Berolahraga teratur membantu mengatasi sembelit.
  • Menahan/menunda BAB, menyebabkan feses/tinja menumpuk di usus besar dan menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan.
  • Penggunaan obat-obatan seperti obat tidur dan obat hipertensi
  • Penyalahgunaan obat pencahar, seharusnya obat pencahar mengatasi sembelit, namun jika disalahgunakan akan memberikan efek sebaliknya yaitu menjadi susah BAB
  • Penyakit Kronis seperti kanker kolon (kanker usus besar), tumor, gagal ginjal dan lain sebagainya

Ketika mengalami susah buang air besar atau sembelit kebanyakan orang mengkonsumsi obat pencahar yang mungkin bisa memiliki efek samping. Jika mengkonsumsi obat pencahar tidak tepat, bukannya BAB normal yang kita dapat malah jadi BAB terus menerus (Diare) atau bahkan menjaadi semakin sulit BAB. Daripada anda mengkonsumsi obat pencahar, lebih baik anda menggunakan bahan alami untuk mengatasi BAB yang tidak lancar.

Berikut Cara mengatasi Susah Buang Air besar atau sembelit dengan bahan-bahan alami:
Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat
Serat sangat berperan untuk melancarkan pencernaan makanan dan menjadikan feses atau tinja menjadi banyak dan lunak. Serat bisa kita dapatkan dari sayur dan buah. salah satu buah yang sangat berguna untuk mengatasi susah BAB adalah Pepaya.

Sudah bukan rahasia lagi jika anda mengalami susah BAB pasti mengkonsumsi pepaya adalah saran pertama yang akan anda terima. Mengapa pepaya? pepaya mengandung banyak serat yang membantu memperlancaar pencernaan. Seperti yang kita baca diatas bahwa salah satu penyebab susah BAB adalah karena kurangnya serat. Jadi dengan mengkonsumsi pepaya pastinya akan mengatasi susah BAB atau sembelit. Selain pepaya buah lain yang direkomendasikann untuk mengatasi sembelit adalah buah pir dan apel. sedangkan untuk sayuran anda bisa mengkonsumsi wortel, bayam dan apricot.

  1. Minum Kopi
    Kandungan kafein pada kopi dapat menstimulasi otot-otot pada sistem pencernaan untuk bekerja lebih cepat sehingga bisa mengatasi mulas dan sembelit. Selain mengatasi sembelit, manfaat minum kopi bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan energi. Namun efek samping dari zat stimulan yang dihasilkan kafein akan menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Sebaiknya konsumsi kopi secara wajar agar tidak menimbulkan masalah lainnya.
  2. Lidah buaya
    Anda bisa mengkonsumsi jus lidah buaya yang bisa memperlancar gerak usus besar sehingga dapat mengatasi sembelit sembelit yang kronis. Selain melancarkan BAB, lidah buaya juga dapat membersihkan usus dari berbagai kotoran dan racun yang menumpuk diusus atau bahasa kerennya detoksifikasi. Dosis mengkonsumsi lidah buaya untuk mengatasi sembelit adalah 2 sendok gel lidah buaya atau 1 liter jus lidah buaya dalam sehari. untuk mempermudah mengkonsumsi lidah buaya, anda bisa mencampurkan 2 sdm gel lidah buaya dengan jus apel atau yang lainnya sesuai selera.
  3. Berolahraga
    Berolahraga sangat baik untuk tubuh dan itu menggerakan semua bagian otot dan tubuh termasuk otot pada usus sehingga ini membantu untuk mengatasi sembelit. cobalah berolahraga secara runtin sekitar satu jam setelah makan dan minum 2 gelas air setelah berolahraga.
  4. Jus Lemon
    Jus lemon membantu proses detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dan sisa-sisa makanan pada usus. Ini akan membantu membersihkan saluran pencernaan anda dan mengatasi sembelit. Untuk mengatasi sembelit anda bisa meminum campuran perasan 1 lemon dengan air hangat.
  5. Minyak zaitun
    Selain sangat bermanfaat untuk kecantikan, Minyak zaitun bisa memperlancar sistem pencernaan dan sebagai cara mengatasi susah buang air besar. Untuk mengatasi sembelit, anda bisa mencampurkan 1sdm minyak zaitun dengan jeruk nipis yang dilarutkan dengan air hangat. Minuman campuran ini sebaiknya dikonsumsi dipagi hari. cara lainnya anda bisa mengkombinasikan 1sdm minyak zaitun dengan secangkir kopi.
  6. Perbanyak Konsumsi air putih
    Air putih sangat berguna untuk membantu sistem pencernaan. Oleh karena itu jika anda kurang minum air putih akan menimbulkan sembelit yang merupakan salah satu masalah di sistem pencernaan. kurangnya air akan membuat feses menjadi keras karena kurangnya air didalamnya.

Demikian cara mengatasi susah buang air besar atau sembelit dengan cara alami tanpa obat. Perlu diingat artikel diatas hanya bersifat rekomendasi bagi anda yang mengalami sembelit. Jika semua cara diatas tidak berhasil, saya sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Mungkin sembelit yang anda alami bisa diakibatkan faktor lain seperti penyakit kronis yang tidak anda ketahui.

sumber : sehat-jasmani.com

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s