coffee-1576537_960_720.jpg

Kopi adalah minuman favorit bagi banyak orang selain teh, dan ternyata ada banyak manfaat kopi yang bisa didapatkan; hanya saja, memang untuk mendapatkan hasil yang optimal, mengonsumsi kopi pahit alias tanpa menambahkan gula dan krim adalah keputusan terbaik. Kopi tidak hanya sekedar asyik diminum ketika senggang atau saat akan begadang saja karena bisa bikin mata melek semalaman, tapi kopi berdampak bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal tersebut sudah dikonfirmasi dalam penelitian sehingga bisa dipercaya dan dibuktikan.

Kami akan sajikan beberapa Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kesegaran Tubuh, penjelasanya lengkapnya di bawah ini:

  • Kopi jika tidak diminum dengan terlalu banyak krim dan gula atau bahkan justru tidak menambahkan keduanya akan besar manfaatnya, seperti mencegah sel-sel kanker dalam tubuh untuk berkembang lebih lanjut. Kopi bekerja dengan sangat baik dalam melindungi tubuh, terutama dari kanker payudara, kanker hati, prostat, endometrium dan segala penyakit yang berkaitan dengan insulin, estrogen, dan obesitas. Telah diteliti juga oleh Harvard School of Public Health bahwa kopi yang dengan atau tanpa kafein bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat.
  • Encok memang sering dialami oleh banyak orang dewasa yang telah lewat dari usia 40 tahun dan hal ini bisa diatasi dan bahkan dicegah dengan mengonsumsi baik kopi biasa maupun kopi yang tidak mengandung kafein. Manfaat kopi, terutama jika diminum sekitar lima cangkir sehari bisa mengurangi risiko encok.
  • Kopi yang tanpa gula dan krim dipercaya lebih bermanfaat, apalagi juga dalam pencegahan penyakit batu empedu. Seperti yang telah dibuktikan ditahun 2002 oleh para peneliti Harvard, risiko batu empedu bisa dikurangi, baik bagi pria maupun wanita. Setidaknya tiga hingga empat cangkir kopi memang butuh dikonsumsi setiap harinya.
  • Salah satu manfaat kopi pahit buat kesehatan mental adalah mengurangi depresi. Sering merasa depresi juga bisa diatasi dengan meminum kopi sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup dengan baik. Pada tahun 2011, penelitian Harvard menyatakan bahwa risiko seorang wanita untuk mengalami depresi dapat berkurang ketika paling tidak mengonsumsi kopi 4 cangkir sehari.
  • Bagi yang merasa takut dengan penyakit Parkinson boleh merasa lega karena di tahun 2000, Journal of American Medical Association telah menyatakan bahwa konsumsi kopi dan kafein dapat mengurangi risiko penyakit ini. Ada lagi studi pada tahun 2010 yang juga telah membuktikan bahwa peluang menderita penyakit Parkinson menjadi 25 persen lebih kecil ketika mengonsumsi sekitar tiga cangkir kopi per harinya.
  • Manfaat kopi lainnya adalah untuk mencegah risiko diabetes seperti yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada tahun 2012; studi ini telah menyatakan bahwa kemungkinan perkembangan diabetes tipe 2 bisa diperkecil dengan mengonsumsi kopi. Pada penderita diabetes tipe 2 biasanya ditemukan serat protein abnormal yang dihasilkan oleh hIAPP, polipeptida. Dengan efek senyawa dalam kopi, hIAPP, polipeptida akan dihalangi dan tidak akan berbahaya bagi tubuh. sumber : manfaat-kopi

Baca juga : bau-mulut-akibat-kopi-dan-cara ngatasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s