aroma-217072_960_720.jpg

Anda suka ngopi ? Jika gemar menyeduh minuman berwarna hitam ini, tentu Anda harus mencoba kopi dari Indonesia yang tidak ada duanya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menyajikan surga kopi bagi para pecinta kopi. Bahkan para turis asing mengakui Indonesia memiliki kualitas kopi yang paling nikmat. Berikut ini beberapa surga kopi di Indonesia yang patut Anda coba !

Gayo

Aceh memiliki kopi yang sangat terkenal. Terutama di daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah yang memiliki area sekitar 95 ribu hektar kebun kopi. Jika Anda berkunjung ke Aceh, Anda bisa langsung menuju ke perkebunan dan melihat proses pengolahan kopi. Kopi Arabica Gayo harus Anda coba dan bawa pulang untuk dinikmati di rumah.

Sidikalang, Sumatera Utara

Sidikalang merupakan ibukota dari Kabupaten Dairi yang berada di barat laut dari Sumatera Utara. Kota ini memiliki tanaman kopi yang sangat nikmat. Sidikalang berada di ketinggian 1.066 mdpl yang memiliki aneka jenis kopi terbaik dan bisa bersaing dengan Brazil untuk kualitas kopinya. Sidikalang memiliki kopi Robusta yang sangat lezat.

Lampung

Lampung memiliki kopi yang diekspor sangat besar di Indonesia. Di Kabupaten Lampung Barat terdapat perkebunan kopi yang luas. Dan kopi ini tersebar di sekitar Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus. Desa Karangrejo yang berada di Gunung Tanggamus memiliki kopi yang sangat nikmat. Apalagi perkebunannya menyajikan panorama dan juga suasana sejuk.

Priangan

Daerah Jawa Barat memiliki hubungan sejarah yang cukup kental dengan kopi. Di Priangan Jawa Barat merupakan daerah eksploitasi kopi selama 2 abad yang dilakukan oleh kolonial Belanda. Daerah ini memiliki salah satu produksi kopi bernama Java Preanger. Rasanya tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kampung Kopi Banaran, Ambarawa

Di Jawa Tengah atau tepatnya di Ambarawa, terdapat sebuah tempat yang bisa menghasilkan kopi cukup nikmat. Di sini terdapat Kampung Kopi Banaran yang dikelola dengan cukup baik. Perkebunan kopi di sini sangat sejuk dan juga bebas asap serta polusi. Sehingga racikan kopi Ambarawa ini sangat nikmat dan juga bersih.

Kebun kopi Kalisat, Bondowoso

Jawa Timur juga memiliki kopi yang tidak boleh ketinggalan. Di daerah Kalisat, Bondowoso yang berdekatan dengan Kawah Ijen, terdapat perkebunan kopi yang dikelola oleh Perhutani. Perkebunan sekitar 4000 hektar ini diproses dan digiling serta dikemas seperti kopi Arabika. Rasanya benar-benar nikmat.

Kintamani

Bali juga memiliki kopi yang tidak kalah nikmat. Di Kintamani terdapat perkebunan kopi yang menggabungkan kopi Bali dan kopi Luwak. Prosesnya masih menggunakan cara tradisional seperti tungku api dan kayu bakar. Dan di sini kopi juga diproduksi aromatherapy yang bisa Anda coba.

Bajawa, Flores

Jika Anda suka ngopi, Anda harus mencoba kopi AFB atau Arabica From Bajawa yang sangat terkenal di luar negeri. Kopi AFB ini berasal dari dataran tinggi Ngada yang berada di Pulau Flores. Masyarakat Ngada atau Bajawa ini sudah sejak lama membudidayakan kopi. Dan kopi ini diolah dengan cara organik dan tidak menggunakan zat kimia. Tidak heran jika kualitasnya sangat unggul.

Toraja, Sulawesi Selatan

Sulawesi terkenal dengan kopi Toraja. Kopi menjadi salah satu ikon dari dunia pariwisata Toraja. Para turis asing biasanya mengunjungi Toraja untuk mendapatkan kopi di tanah Toraja ini. Rasanya benar-benar nikmat.

Lembah Baliem, Papua

Papua memang surga Indonesia. Selain emas, Papua memiliki kopi dengan kualitas yang tinggi. Di Lembah Baliem yang terletak di Wamena ini merupakan salah satu penghasil kopi yang sangat baik di Indonesia. Rasa kopinya sangat kuat dan tidak terlalu pahit. Menjadi salah satu kopi favorit dari Indonesia.

sumber:

Baca juga tentang : cafe coco madeleine semarang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s